Borneo Zedoria, Tanam Rempah yang Berkhasiat Cegah Tumor


BORNEO
Zedoria merupakan ramuan tradisional yang mengandung zat aktif pada kunyit putih. Ramuan ini bisa mencegah rasa nyeri pada tubuh, berfungsi sebagai antioksidan yang mengurangi mikroba dan jamur. Racikan Borneo Zedoria juga bisa mengobati pembengkakan dan menjaga sistem pencernaan.

Kunyit putih dengan nama Latin Curcuma zedoria cukup familiar. Tanaman ini memiliki khasiat dalam mencegah kanker dan tumor yang efektif. Selain itu, tanaman yang bisa dikembangbiakan di rumah ini bisa mengatasi keputihan dan nyeri saat menstruasi.

 

Dalam masyarakat Suku Dayak, tanaman ini dipakai sebagai obat bagi penyakit batuk darah atau keracunan akibat makanan. Tak heran, jika sebagian orang menyebut tanaman ini sebagai kunyit Borneo atau kunyit Dayak. Masyarakat Dayak sangat akrab dengan tanaman ini. Pada beberapa rumah, mereka menanam kunyit ini sebagai persiapan untuk pengobatan.

 

Bagaimana mengolah tanaman ini sehingga bisa dijadikan obat? Bagi mereka yang tidak cerewet dalam mengkonsumsi obat-obatan, rimpang kunyit putih yang sudah dibersihkan bisa dikunyah langsung. Aktivitas itu bisa mengurangi bau napas yang tak sedap. Namun, air rebusan kunyit putih juga sangat bagus untuk obat sakit gigi, memperlancar pencernaan, juga sebagai tolak angin.

 

Para ahli merekomendasikan, pengkonsumsian tanaman ini lebih baik dicampur dengan tanaman obat lain. Hal itu dilakukan agar saat mengobati penyakit kanker bisa mengurangi efek sampingnya. Pencampuran bisa dengan sarang semut, yang memiliki khasiat sama seperti kunyit putih.


Semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan. Mulai dari akar, daun, hingga minyak bisa berfungsi sebagai obat. Sebagai tanaman asli tanah air, kunyit putih ini sangat mudah dikembangbiakan. Banyak zat yang terkandung dalam rimpangnya, di antaranya, minyak esensial, pati, dan curcumin. Minyak kunyit putih bisa menekan efek dari radikal bebas tertentu.


Artikel Lain: Bajakah, Tanaman Penyembuh Kanker dari Hutan Borneo

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url