7 Rempah Borneo yang Memiliki Khasiat untuk Pengobatan Alternatif

Hutan Borneo memiliki harta karun berupa tanaman rempah. Banyak manfaat yang terkandung dalam tumbuhan hutan tropis itu. Mulai dari penyedap rasa pada makanan hingga untuk pengobatan. Sifatnya yang alami sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanpa efek samping pula kan? Kendati begitu, perlu dilakukan uji klinis yang sahih agar khasiat dalam tanaman rempah itu benar-benar aman untuk kesehatan.


Sebagai pemilik hutan terbesar ketiga di dunia, Pulau Kalimantan layak disebut sebagai perpustakaan rempah. Sejak dahulu, masyarakat adat, terutama orang Dayak, telah memanfaatkan tanaman hutan untuk kepentingan pengobatan. Hal itu dilakukan secara turun temurun. Belakangan telah dilakukan beberapa penelitian oleh lembaga terkait untuk melihat kandungan pada tanaman hutan, yang dipakai untuk pengobatan masyarakat Suku Dayak di Kalimantan.

Berikut tujuh tanaman di hutan Borneo, yang bisa dimanfaatkan sebagai rempah untuk pengobatan juga sebagai penyedap rasa makanan.

Bajakah

Bajakah tumbuh menumpang pada pohon lain. Bentuknya yang seperti akar besar ini menjalar pada pohon terdekatnya. Banyak khasiat yang terkandung pada kayu bajakah. Di antaranya, memiliki aktivitas antioksidan yang kuat. Bisa menangkal efek radikal bebas, juga mampu mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes melitus, kerusakan hati, karidovaskuler, hingga kanker. Bajakah mulai dilirik sebagai pengobatan dalam skala massif, sejak dipublikasikannya hasil penelitian pelajar di Kalimantan Tengah. Sejak itu, Bajakah menjadi popular. Kini, kayu bajakah banyak ditemui di kios-kios pedagang hingga perjualan secara online.

Borneo Zedoria

Disebut juga Borneo Cucurma atau Kunyit Borneo. Ramuan yang dibuat dari ekstrak kunyit ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Borneo Zedoria termasuk obat herbal dengan kandungan kunyit putih jadi zat aktifnya. Bagi masyarakat Dayak, ramuan ini sangat mumpuni dalam meredakan nyeri, menyembuhkan pembengkakan, hingga membuat pencernaan menjadi lancar. Namun, ramuan ini tidak diperkenankan diberikan kepada orang yang hipersensitif terhadap zat yang terkandung di dalamnya, juga hindari untuk diberikan kepada anak di bawah usia lima tahun.

Bawang Dayak

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam Bawang Dayak memiliki antioksidan bagi tubuh. Antioksidan inilah yang membunuh sel kanker pada seseorang. Secara tradisional, Bawang Dayak sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal sejak zaman dulu. Bagaimana mengkonsumsinya? Ambil tiga hingga empat siung kemudian cuci yang bersih. Iris kecil-kecil dan seduhlah dengan air mendidih atau rebus saja. Konsumsi secara rutin setiap hari pada pagi dan malam hari. Manfaat bagi tubuh sangat baik terutama untuk mencegah bahkan membunuh bibit penyakit dalam tubuh. Namun tidak semua orang cocok mengkonsumsi tanaman ini. Karena sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.  

Kopi Borneo

Sebenarnya Kopi Borneo ini hanya sebutan saja. Dia merupakan racikan dari berbagai tanaman hutan yang bisa dimanfaatkan sebagai rempah untuk pengobatan. Ramuan herbal ini dibuat dari pasak bumi Kalimantan, Purwaceng Dieng, Maca, gula jagung, krimer nabati, hingga kopi robusta. Ada banyak manfaat dari racikan Kopi Borneo ini, di antaranya, menjaga agar tubuh tetap kuat, mencegah ejakulasi dini, hingga menambah kesuburan seseorang.

Seluang Belum

Tanaman yang berupa pakis ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain untuk konsumsi rumah tangga dengan mengolahnya menjadi sayur, Seluang Belum juga dipercaya memiliki khasiat klinis. Batang dari tanaman ini diyakini mampu menambah kebugaran, bahkan dianggap sebagai obat kuat bagi pria dewasa. Mitos sebagai obat kuat lelaki itu karena ada bahan dalam Seluang Belum yang bisa meningkatkan keperkasaan pria dewasa.

Sengkubak

Tanaman ini ada di hutan rimba Kalimantan. Bagi orang Dayak zaman dulu, Sengkubak digunakan pengganti vetsin atau micin. Karena pada daun Sengkubak terkandung zat yang berfungsi sebagai penyedap rasa pada masakan. Selain itu, Sengkubak juga berfungsi untuk menyembuhkan beraneka ragam penyakit. Namun diperlukan penelitian dan uji klinis yang komprehensif untuk memproduksinya menjadi obat herbal yang sah. Tak hanya itu, buah atau biji dari Sengkubak ini dipercaya mengandung khasiat mistis dan magis. Tak heran, jika bagi sebagian orang, buah Sengkubak ini digunakan sebagai jimat.

Wedang Dayak

Wedang Dayak ini sebenarnya ramuan yang terbuat dari buah bawang Dayak. Pembuatannya dicampur dengan beberapa tanaman rempah lainnya, seperti jahe dan ketumbar. Minuman tradisional ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga imunitas tubuh, sehingga tetap segara dan bugar.[]

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url