Bawang Dayak, Obat Herbal untuk Sembuhkan Asam Urat

Bawang Dayak sebenarnya tidak tumbuh di hutan-hutan tempat suku Dayak bermukim. Tanaman yang disebut juga bawang sabrang itu berasal dari Amerika Serikat. Species ini tumbuh di areal terbuka dengan tanah berhumus yang lembab. Lebih mudah tumbuh di perbukitan.


BAWANG jenis ini senang tumbuh di hutan. Pada awalnya tidak dibudidayakan. Jadi, orang-orang mencarinya di hutan-hutan karena tanaman itu tumbuh secara liar. Namun kemudian, orang-orang menanamnya menjadi tanaman rumahan. Bagian yang ditanam adalah umbinya.

Bukan tanpa alasan orang berburu bawang Dayak di hutan. Khasiat yang terkandung dalam umbinya, bisa mengobati beragam penyakit. Sebut saja, kanker, jantung, antiradang antipendarahan, asam urat, hingga menjaga kekebalan tubuh. Ada zat dalam bawang Dayak itu yang bisa meningkatkan imunitas.

Karena tumbuh secara liar di hutan, tanaman yang daunnya mirip anggrek tanah ini, sering disebut sebagai bawang hutan. Kendati demikian, belakangan ini, lebih banyak disebut sebagai bawang Dayak.

Bawang Dayak sudah banyak dikembangbiakan. Orang Dayak memanfaatkan khasiat tanaman dengan nama Latin Eleutherine palmifolia L. Merr tersebut untuk obat alternatif yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Sebenarnya secara sekilas, tak berbeda dengan bawang dapur lainnya. Hanya warna buahnya merah, daunnya yang kerap berbunga dengan warna putih yang memesona.

Sejumlah ahli menyebutkan kalau bawang yang tidak membuat mata perih kalau diiris ini memiliki banyak khasiat. Di dalam bawang Dayak terkandung fitokimia semacam alkaloid, flavonoid, steroid, glikosida, fenolik, dan zat tannin. Kandungan itu diyakini cukup baik buat kesehatan.

Dengan kandungan seperti itu, maka para ahli pun merekomendasikan jika bawang Dayak cocok dipakai sebagai alternatif dalam pengobatan. Hal ini memotivasi publik untuk mengembangbiakan bawang Dayak secara mandiri. Apalagi, tanaman yang tidak memiliki bau menyengat ini, sangat mudah untuk dibudidayakan.

Selain untuk kepentingan medis, bawang Dayak juga bermanfaat sebagai penyedap rasa pada masakan. Ada beragam pola dalam mengolah bawang ini jika ingin dikonsumsi, termasuk yang masih baru dipanen. Bisa diiris kecil-kecil, seperti membua acar, bisa juga dijadikan bumbu masakan. Tak hanya itu, bisa juga dikeringkan bahkan dihaluskan kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk.

Artikel Lain: Borneo Zedoria, Tanaman Rempah yang Berkhasiat Cegah Tumor

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url