Kelakai, Obat Diare Ampuh dari Rawa Kalimantan


Kelakai hidup di hutan rawa dengan tanah yang lembab. Bagi orang Dayak, Kelakai bisa jadi obat alternatif untuk mencegah diare. Kelakai juga dipercaya oleh masyarakat Dayak di pulau Kalimantan sebagai tanaman yang bisa membuat awet muda.

Bernama latin Stenochlaena palustris, tanaman ini masuk keluarga pakis atau paku-pakuan. Kelakai tumbuh dengan menjalar di hutan berawa yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Bisa tumbuh hingga lima sampai sepuluh meter. Jika sudah tua, daunnya berwarna hijau. Kalau masih mudah, warna daunnya merah tua dan gelap. Bila tangkai Kelakai dipatahkan, akan ada lendir yang keluar. Tanaman rawa ini termasuk tahan terhadap sinar matahari. Batang Kelakai memiliki bank air dan mempunyai vitamin C yang bagus.

 

Tanaman menjalar ini mempunyai beragam khasiat. Ampuh menyembuhkan diare, penambah darah, hingga obat awet muda. Nutrisi dalam Kelakai juga banyak, yakni protein, kalsium, vitamin A, C, beta-karoten, potasium, fosfor, mangan, zat besi, tanin, flavonoid, steroid, dan alkaloid.

 

Karena itu, Kelakai sangat cocok untuk konsumsi rumah tangga. Kandungan gizinya cukup tinggi. Mudah ditemukan di hutan-hutan dekat rumah. Kalaupun harus beli, harganya relatif murah di pasar-pasar tradisional. Jika kreatif, tumbuhan dataran rendah ini bisa diolah menjadi keripik.

 

Menurut penelitian, Kelakai (Stenochlaena palustris) memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Besi merupakan bagian dari molekul hemoglobin (Hb) yang berfungsi untuk mengangkut oksigen (O2) dari paru-paru dan mendistribusikannya ke selsel yang membutuhkan untuk selanjutnya digunakan dalam metabolisme karbohidrat. protein. dan lemak menjadi energi (ATP).

 

Defisiensi zat besi pada manusia dapat menyebabkan turunnya sintesis sel darah merah yang akan mengakibatkan anemia. Kandungan Fe yang cukup tinggi pada kelakai sebesar 291,32 mg/100 g bahan diyakini dapat membantu mengatasi anemia yang dialami oleh kita. Kelakai dijadikan bahan baku pembuatan teh memberikan alternative lain untuk memperoleh manfaat kandungan Fe dalam kelakai.[]

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url