Minyak Kayu Putih; Obat Masuk Angin Paling Ampuh


Kayu putih menyimpan banyak manfaat. Tanaman hutan ini sangat produktif. Ekstrak berupa minyak adsiri diambil dari daunnya berupa ceniol berkhasiat untuk tolak angin, yang bisa menyembuhkan masuk angin, perut mulas, sakit kepala, dan beragam penyakit lainnya.

Bukan hanya kepentingan medis, tumbuhan ini bagus untuk kontruksi perumahan, bahkan kerajinan rumah tangga. Struktur kayunya yang padat, kuat, warna pink merata, tekstur kayu cukup halus. Bagian kulit berfungsi sebagai perpak sambungan dalam membangun sampan dan kapal nelayan.

Tulisan ini akan membahas beberapa khasiat kayu putih terkait kepentingan pengobatan. Tanaman ini termasuk rempah yang tumbuh di hutan Borneo. Sehingga tak berlebihan jika menyebutnya sebagai salah satu rempah Borneo. Tumbuhan yang tergolong keluarga mirtaceae ini masih kategori eucalyptus dan eugenia. Nama Latin-nya melaleuca leucadendron.

Apa khasiat dari ekstrak tanaman ini? Proses mengolah ekstrak kayu putih tidak sulit. Batang dan daunnya diolah melalui penyulingan. Proses ini akan melahirkan minyak yang menghasilkan bau khas. Minyak tersebut berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit.

Beberapa manfaat kesehatan dari kayu putih:

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala. Bagi kita yang kerap dilanda pusing, ekstrak kayu putih bisa menjadi solusi. Zat yang terkandung di dalamnya ampuh mengobati sakit tersebut. Cukup dioleskan di bagian kepala, seperti dekat pelipis atau di dahi. Namun, hanya sakit kepala ringan, yang bisa diatasinya.
  2. Melancarkan Saluran Hidung. Jika kita terserang flu ringan, minyak ini sangat menolong mengatasinya. Obat luar ini bisa dioleskan pada hidung atau dihirup. Bau khasnya bisa bikin lega hidung dan tenggorokan. Namun, jika flu berat segera periksa ke dokter.
  3. Penyembuh Masuk Angin. Ekstraknya bisa menjadi obat tolak angin. Bahkan, kerap disebut sebagai antiangin. Bukan hanya masuk angin, perut kembung juga bisa teratasi oleh khasiat minyak kayu putih.[]

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url