7 Bisnis Online Modal Kecil yang Paling Mudah Dilakukan


Era digital membawa kemudahan, termasuk urusan berbisnis. Bahkan, usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) juga sudah merambah dunia online. Bagi pemula, ada beberapa bisnis online yang mudah dilakukan. Bahkan tak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Jika memiliki smartphone android dan kuota data saja sudah cukup untuk memulai bisnis secara online. Jika tidak memiliki kuota data, bisa saja pergi ke warung kopi yang menyediakan hotspot gratis. Dengan memesan segelas kopi, yang harganya di bawah sepuluh ribu rupiah, bisa memanfaatkan wifi gratis hingga berjam-jam. Nah, yang ingin mulai bisnis secara online bisa memanfaatkan fasilitas dari warung kopi tersebut. Yuk, kita mulai.

Bisnis apa yang bisa kita lakukan secara online? Banyak sekali. Sangat banyak. Kali ini, tim Jejaring UKM akan mengulas 7 (tujuh) ide bisnis online yang paling mudah dilakukan, tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Nge-Blog, Dapatkan Uang dari Pemasang Iklan

Sejak internet dikenalkan, banyak platform menulis di media online. Blog menjadi salah satunya. Kita bisa menjadi wartawan dengan menulis apa saja, sesuai dengan kemampuan dan hobbi yang kita miliki. Setiap orang bisa membuat blog personal. Kuncinya adalah konsisten untuk mengisinya. Membuat blog tidak memerlukan modal yang banyak. Ya, tadi itu, cukup ada smartphone android atau sejenis dan kouta data, atau bisa memanfaatkan wifi gratisan di warkop atau tempat publik milik pemerintah. Sejak tahun 2000-an, aktivitas ngeblog ini masif sekali. Banyak bloger-bloger bermunculan. Mereka menjadi wartawan bagi blog personalnya. Dan, bisa mendulang uang dari blog tersebut dengan memanfaatkan adsense dari google.

Konten Kreator di Youtube

Kehadiran Youtube memberi ruang bagi kamu yang hobi merekam segala aktivitas pribadi maupun orang lain dalam bentuk video. Saat ini, Youtube menjadi media digital yang paling banyak digunakan. Bahkan, pemusik, penyanyi, hingga komedian memanfaatkan Youtube untuk mendulang cuan dari iklan yang ditayangkan. Membuat akun Youtube juga tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup memiliki smartphone android yang memiliki fitur kamera video sudah bisa memulai. Bahkan, aplikasi editing video, semacam Kinemaster juga tersedia yang bisa diunduh secara gratis. So, jangan ragu memulai bisnis secara online. Yuk, jadi Youtuber.

Membuka Jasa Penulisan atau Script Writer

Kalau kamu senang menulis, ada baiknya memulai usaha ini. Banyak platform dan aplikasi yang menerima karya tulisa dan dibayar per tulisan terbit. Jika kamu tidak mau menempatkan tulisanmu pada web personal, maka cara ini bisa dilakukan. Ya, kamu bisa menjadi penulis lepas atau freelancer, sehingga tidak terikat waktu dan aturan-aturan dari perusahaan, juga penugasan rutin. Jasa penulisan ini tidak melulu untuk ditampilkan secara online, offline juga ada. Jika kamu sudah dikenal, akan banyak yang meminta kamu membantu membuat tulisan, hingga melakukan editing, seperti mengerjakan tugas-tugas kuliah hingga menulis skripsi.

Bimbingan Belajar Secara Online

Sejak pandemi Covid-19 melanda, pola pembelajaran berubah. Sebelum pandemi, belajar harus di sekolah. Begitu juga bimbingan belajar harus dilakukan tatap muka. Setelah itu, metode belajar juga ikut menyesuaikan. Anak-anak tidak lagi ke sekolah. Mereka belajar di rumah. Kendati sekarang, setelah kasus Covid-19 menurun, pola belajar di sekolah kembali dilaksanakan. Namun, untuk bimbingan belajar bisa dilakukan secara online. Hal ini memungkinkan, agar orangtua tidak direpotkan mengatur waktu untuk mengantar dan menjemput anaknya. Aplikasi untuk belajar secara online juga banyak. Yang paling sering dipakai aplikasi zoom, yang gratisan bisa dimanfaatkan selama 45 menit. Ada juga google meet, yang bisa dipakai cukup lama. Nah, bagi kamu yang punya keinginan membuat bimbingan belajar secara online bisa tuh dicoba. Tak perlu modal besar, cukup jaringan internet yang lancar saja. Atau bahkan, bisa menggunakan video yang dikirim ke peserta bimbel. Jangan ragu untuk memulai, ya?

Buka Marketplace di Media Sosial

Media sosial sangat membantu para pebisnis pemula yang kekurangan modal. Facebook, salah satunya. Aplikasi yang dibuat oleh Mark Zuckerberg itu memiliki fitur marketplace, yang membantu orang-orang untuk melakukan transaksi jual beli. Facebook telah menjadi media sosial paling populer digunakan khalayak dunia. Kamu cukup memiliki akun saja, sudah bisa berjualan di media sosial. Selain Facebook, kamu juga bisa berjualan di media sosial lainnya, seperti instagram, twitter, bahkan whatapps. Semua itu memberikan kemudahan bagi kalian, yang ingin berbisnis secara online, namun memiliki keterbatasan modal.

Podcast Kreator

Sepuluh tahun terakhir, podcast cukup populer. Aplikasi yang dibuat untuk ngobrol kemudian direkam, dan diposting di Youtube ini terbukti bisa mendatangkan cuan bagi penggunanya. Contoh saja, Deddy Corbuzier (DC), yang secara konsisten membuat podcast. Dia bisa meraup ratusan juta, bahkan miliaran rupiah dari konten podcastnya. Bahkan, beberapa petinggi negara memilih podcast untuk memberikan penjelasan terhadap persoalan yang republik, hingga persoalan privatnya. Nah, cerita podcast DC ini hendaknya bisa menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi kamu untuk memulai. Ah, jangan down dulu dengan tamu-tamu podcast-nya DC tuh. Mulai saja dulu. Percayalah, hasil tak akan menghianati usaha.

Jasa Web Developer  

Masifnya penggunaan internet membuat orang berlomba-lomba membuat web. Sejumlah perusahaan besar merasa perlu memiliki web sendiri untuk menyampaikan kepada publik tentang apa produk, kegiatan, dan berbagai lainnya. Bahkan, pemerintah sudah mewajibkan semua instansi memiliki web kantor untuk mempublikasikan atau sebagai tempat sosialisasi program instansi tersebut. Belum lagi, personal blog yang perlu agar web mereka berkembang. Nah, kalau kamu punya kemampuan untuk membangun dan mengelola web, ini peluang bagus. Sekali lagi, jasa web developer atau pengembangan web ini tidak membutuhkan modal yang besar. Akan tetapi, kamu harus memiliki kemampuan dalam bidang web, terutama webmaster.

Itu tadi tujuh ide bisnis yang bisa kita dilakukan secara online. Semua ide itu tidak membutuhkan modal yang besar. Namun, harus memiliki perangkat, seperti smartphone android, laptop, dan kouta internet. Kamu bisa memilih satu dari tujuh ide itu untuk memulai. Jika sudah berkembang, kamu bahkan bisa mengambil ketujuh ide tersebut. Namun, jangan lupa, konsistensi mengelolanya mesti terjaga. Jika hal itu bisa dirawat, percayalah, kamu akan meraup cuan yang banyak dari usaha online itu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url