7 Ide Usaha Rumahan dengan Modal Kecil


Yuk, bisnis. Jangan minder karena punya modal yang kecil. Banyak kok ide usaha yang bisa kita mulai dengan modal seadanya. Kemauan dan semangat pantang menyerah mesti ditempa dalam diri untuk memulai sebuah usaha. Tidak ragu untuk memulai. 

Oh ya, risiko itu selalu ada. Tetapi itu jadi penempa dalam menjalankan sebuah usaha. Selalu ada jalan keluarnya. So, bagi kamu yang modal sedikit, yuk kita mulai dengan ide-ide sederhana. Pada saatnya nanti, pintu untuk investasi yang lebih besar akan terbuka. Kita bisa manfaatkan sumber modal dari perbankan atau jasa lembaga keuangan lainnya, tentu saja yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya? 

Nah, usaha apa saja yang bisa dilakukan dengan modal kecil? Banyak bro. Asal mau saja dan konsisten dalam menjalankan usahanya. Berikut beberapa ide usaha yang bisa dilakukan dengan modal seadanya.

  1. Jasa Penitipan. Kita bisa memulai dengan usaha ini. Miembuka rumah tinggal sebagai tempat penitipan. Apalagi rumah yang menjadi pelintasan orang atau tak jauh dari jalan raya. Kita hanya membuat rak-rak kecil atau meja dari kayu untuk tempat penitipan. Itu kalau kita mau buka usaha penitipan kue atau penganan, atau jajanan anak-anak. Sudah banyak yang memulai usaha ini, bahkan sudah ada sangat berkembang, padahal awalnya mereka dengan modal seadanya.
  2. Penulisan Artikel. Jika punya hobi menulis, kamu bisa membuka jasa penulisan artikel. Beberapa situs memerlukan penulis lepas untuk mengisi webnya, bahkan media mainstream juga memberi peluang untuk itu. Penulisan artikel tidak hanya untuk diterbitkan di media online ataupun media cetak lainnya. Beberapa pejabat atau kelompok profesi tertentu, juga bisa menjadi ladang untuk dimanfaatkan dalam jasa penulisan artikel ini. Misalnya, guru yang diwajibkan menulis artikel untuk mendongkrak angka kredit. Nah, relasi yang ada bisa dimanfaatkan untuk memulai jasa penulisan artikel.
  3. Bimbingan Belajar. Sistem pendidikan di Indonesia yang masih berbasis nilai membuka kesempatan untuk bimbingan belajar. Yah, les privat-lah, kalau bahasa kerennya. Keinginan orang tua dan anak, untuk menguasai materi pelajaran yang diberikan di sekolah, yang dirasa kurang, sangat berpotensi atas jasa bimbel ini. Apalagi bagi pelajar tingkat akhir, yang akan melanjutkan ke jenjang berikutnya, seperti perguruan tinggi. Maka, peluang bimbel sangat besar. Keinginan masuk sekolah atau perguruan tinggi favorit, menjadikan anak atau orangtua memilih agar anaknya ikut les privat atau bimbingan belajar.
  4. Cukur Rambut. Usaha ini termasuk sederhana. Namun, mesti memiliki keahlian. Karena itu, jika kamu mempunyai pandai mencukur rambut, bolehlah memulai usaha ini. Cukup di rumah. Anak-anak bisa menjadi pelanggan utama dalam usaha ini. Apalagi, anak-anak usia sekolah, yang diwajibkan sekolah dengan rambut yang rapi. Modal untuk usaha ini juga tergolong kecil. Ada gunting cukur yang konvensional pun sudah bisa memulai usaha tersebut.
  5. Jasa Jahit Pakaian. Ide dari usaha ini juga sederhana. Tak perlu tempat yang wah. Cukup di rumah saja. Dan, tidak begitu membutuhkan modal yang besar. Kendati kehidupan makin modern, jasa tukang jahit tetap diperlukan. Hal-hal sederhana, misalnya, memperbaiki retsleting yang rusak, mengecilkan pinggang, memperpendek celana, hingga membuat pakaian lengkap. Tempat usaha juga bisa di rumah, di komplek perumahan, bagi masyarakat sekitar saja.
  6. Jasa Print. Kendati teknologi informasi berkembang cepat, namun print atau cetak tetap diperlukan. Beberapa kelompok masyarakat masih membutuhkan print kertas untuk aktivitasnya, baik untuk arsipnya sendiri maupun untuk administrasi lainnya. Karena itu, peluang untuk membuka usaha jasa print ini masih bagus. Untuk anak-anak sekolah juga, beberapa tugas diwajibkan untuk di-print. Kamu bisa pakai printer yang sudah dibeli lebih dulu oleh orangtuamu atau memakai printer kantor.
  7. Instalasi Listrik. Buat kamu yang punya kemampuan untuk instalasi listrik, usaha ini layak dicoba. Apalagi, semakin banyak perumahan baru dibangun, tentu mereka membutuhkan instalatir andal. Tentu saja, tidak sekadar menginstalasi, tetapi juga mengedepankan estetika dalam penginstalasian. Nah, ini kesempatan bagi kamu-kamu yang ingin bekerja secara freelance.

Nah, itu tadi ide untuk usaha dengan modal yang kecil. Usaha bidang jasa memang cukup tren saat ini. Apalagi di era kemajuan teknologi digital. Namun, usaha yang dilakukan secara konvensional pun tetap memiliki peluang yang besar.[]

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url