7 Lembaga Pemberi Modal Usaha dengan Bunga Rendah

 


Kamu ingin tambahan modal usaha? Tak perlu resah dan gelisah. Banyak kok lembaga yang mau memberikan atau meminjamkan modal untuk pengembangan usaha. Mereka juga menawarkan bunga yang terjangkau, bahkan boleh dikatakan rendah.

Bagi pelaku usaha kecil dan menengah, tambahan modal usaha ini penting. Sebab, keterbatasan dana yang dimiliki membuat usaha yang digeluti kurang berkembang. Namun, sebaiknya tidak gegabah dalam mengiyakan tawaran lembaga penyedia pinjaman modal. Jangan sampai lalu jatuh dalam perangkap rentenir. Bisa bangkrut tuh usahanya.

Jadi, harus lebih hati-hati dalam memilih penyedia pinjaman modal. Apalagi zaman sekarang ini, banyak penyedia pinjaman melakukan penawaran secara online. Cukup banyak orang yang kemudian terjebak dalam pinjaman online, yang membuat pelaku usaha resah. Karena itu, mesti ditelusuri juga kredibilitas lembaga pemberi pinjaman itu. Harus benar-benar terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ataupun lembaga yang diakui pemerintah lainnya.

Ada beberapa jenis bentuk penambahan modal dalam usaha. Di antaranya, berupa kredit usaha rakyat atau yang dikenal KUR. KUR ini digelontorkan pemerintah untuk membantu rakyat dalam berusaha. Program ini sejak lama diluncurkan. KUR merupakan akses modal usaha yang disalurkan lewat perbankan. Selain bunganya yang sangat rendah, proses pengajuan kredit juga dipermudahkan. KUR diprioritaskan bagi masyarakat yang berusaha di bidang pertanian, peternakan, juga perkebunan. Namun, belakangan juga bisa diajukan oleh pelaku usaha bidang pertokoan atau toko kelontong dan usaha lainnya.

Ada juga model pinjaman modal berupa ventura. Model ini berbeda dengan KUR. Kalau KUR diberikan oleh pemerintah melalui perbankan, sedangkan ventura diberikan oleh lembagan keuangan di luar bank dengan syarat kerja sama. Model ini sebenarnya lebih mirip menanamkan investasi kepada usaha yang kita jalankan. Nah, nanti dimuat dalam kerja sama model pembagian keuntungan dari usaha tersebut.

Berikut 7 (tujuh) lembaga pemberi atau peminjam tambahan modal bagi pelaku usaha. Kamu bisa memilih satu di antara lembaga tersebut. Namun, jangan sampai kamu menunggak atau tidak melakukan pembayaran sama sekali atas tambahan modal yang diberikan tersebut. Akibatnya, kamu dan usahamu akan di-blacklist oleh lembaga pemberi tambahan modal lainnya.

1. Modal Usaha Mandiri Syariah

Kredit ini dikeluarkan oleh Bank Syariah Mandiri. Program ini berupa modal untuk investasi bagi kamu yang ingin membuka usaha. Bunganya rendah kok, hanya 0,75 persen untuk usaha 48 bulan dengan investasi 60 bulan. Jumlah pinjaman juga lumayan nih, nilainya bisa mencapai Rp200 juta. Yuk, bagi kamu yang ingin memulai usaha, boleh mengajukan kredit ini kepada Bank Mandiri Syariah. Syaratnya juga tidak sulit, yakni usia usaha kira-kira dua tahun, tentunya warga Indonesia, umur yang mengajukan minimal 21 tahun atau sudah menikah. Namun, program ini harus memberikan jaminan ketika akan mengajukan peminjaman.  

2. Pegadaian

Lembaga yang memiliki tagline menyelesaikan masalah tanpa masalah ini juga punya program memberikan tambahan modal bagi pelaku usaha. Namun, bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman ke Pegadaian, harus rela BPKP kendaraan bermotor dijadikan agunan. Nilai kredit bervariasi, mulai satu juta rupiah hingga Rp400 juta. Lumayan besar ya? Durasi pinjaman hingga 48 bulan. Peminjam dikenakan biaya administrasi sebesar satu persen dari nominal pinjaman yang disetujui.  

3. Modal Usaha Bank BCA

Bank Central Asia (BCA) juga punya program untuk membantu pemodalan bagi pelaku usaha kecil dan menenagah (UMKM). Ada beberapa jenis model pinjaman yang ditawarkan. Di antaranya, kredit lokal, berupa pinjaman bagi pelaku usaha, yang penarikan dan pelunasan bisa dilakukan sewaktu-waktu selama jangka waktu fasilitas kredit melalui rekening giroMeskipun adalah kredit usaha, namun BCA memberikan kredit modal kerja ini kepada perorangan selama untuk pembiayaan yang bersifat produktif.

4. Kredit Usaha Rakyat BRI

Bank Rakyat Indonesia menjadi bank milik pemerintah lainnya yang menyediakan jasa pinjaman modal untuk usaha. Bunga dari pinjaman ini disubsidi oleh pemerintah. KUR disalurkan lewat Bank BRI. Bunganya relatif kecil begitu juga cicilan dari pinjaman tersebut. BRI tidak hanya KUR, namun produk pinjaman dengan bunga paling menarik di bank BRI adalah KUR.

5. Modal Usaha Bank Mandiri

Pinjaman modal usaha untuk pengusaha mikro dengan bunga subsidi pemerintah. Salah satu fitur menarik KUR Mandiri adalah diberikan kepada UMKM yang feasible tapi belum bankable. Karena KUR adalah pinjaman modal usaha dari pemerintah, bunga yang ditawarkan sangat menarik. Bunga pinjaman KUR dari pemerintah adalah tujuh persen per tahun.

6. Modal untuk Usaha Mikro Bank Sinarmas

Selain bank pemerintah, bank milik swasta seperti Sinarmas juga menyediakan modal bagi pelaku usaha. Programnya bertajul kredit mikro Bank Sinarmas. Ada dua model pengajuan dari kredit pada bank ini, yakni pinjaman SIMAS KUK dengan nominal 50 juta hingga 500 juta dengan durasi sampai 60 bulan, dengan bunga maksimal sebesar 1,25 persen per bulan. Kemudian, pinjaman SIMAS UKM dengan nilai maksimal Rpmiliar dengan waktu pinjaman hingga 84 bulan. Bunga yang ditawarkan antara 15 sampai 17 persen dalam setahun.

7. Kredit Usaha dari Bank Sempoerna

Bank swasta yang satu ini juga tak ketinggalan. Niat membantu para pelaku usaha agar berkembang juga mereka lakukan. Tak heran, jika ada program berusaha kredit usaha dengan nominal memadai dan bunga yang relatif rendah. Bank Sempoerna tak hanya memberikan pinjaman, dia juga bisa berupa investasi. Nominal kredit yang ditawarkan berkisar antara lima juta hingga lima ratus juta rupiah. Maksimal durasi pinjaman hingga lima tahun atau 60 bulan. Namun, Bank Sempoerna meminta jaminan kepada pengaju kredit dalam program tersebut.  

Oke guys, itu tadi tujuh lembaga penyedia tambahan modal untuk usaha kamu. Silakan deh untuk dipantengin dan dirinci-rinci, mana yang kira-kira cocok untuk diajukan atau diajak kerja sama dalam permodalan. Namun, sekali lagi, kamu mesti selektif dan berhati-hati dalam mengajukan pinjaman. Baca seluruh persyaratan yang ditawarkan lembaga penyedia modal. Jangan sampai kamu masuk perangkap atau jebakan batman ya?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url